SISTEM INFORMASI PENJUALAN EMAS BERBASIS WEB PADA TOKO ANUGERAH BINTANG BARU PAYAKUMBUH

Authors

  • Detria Febiolla Manajemen Informatika, Universitas Ekasakti Padang
  • Agus Sutardjo Manajemen Informatika, Universitas Ekasakti Padang
  • Nuraeni Dahri Manajemen Informatika, Universitas Ekasakti Padang

DOI:

https://doi.org/10.70038/jentik.v1i3.42

Keywords:

Sistem Informasi, Perancangan Sistem, penjualan emas, Unified Modeling Language (UML), Website, System Development Life Cycle (SDLC)

Abstract

Perancangan sistem ini bertujuan merancang sistem informasi penjualan emas sebagai upaya mengatasi permasalahan sistem informasi penjualan yang belum efektif dan efisien. Proses pelaksanaan penjualan dan pengolahan data penjualan yang manual mempengaruhi hasil.

Perancangan sistem ini dibangun menggunakan platform website dan dijalankan secara online. Metode penelitian menggunakan System Development Life Cycle (SDLC) dengan pendekatan model Waterfall yang terdiri atas 5 tahapan, yakni, a) Analisys b) Design c) Implementation d) Maintance e) Planing. Bahasa pemrograman yang digunakan adalah (PHP), dan aplikasi database menggunakan pengolah data (MySql) sebagai database (RDBMS). Alat bantu perancangan sistem menggunakan metode UML (unifed Modeling Language) dengan menggunakan 4 (empat) diagram sesuai kebutuhan perancangan, yakni Use Case Diagram, Activity Diagram, Class Diagram, dan SequenceDiagram.

Rancangan Sistem Informasi Penjualan Emas Berbasis Web yang dapat mempermudah proses penjualan emas, dan memudahkan melihat stock emas secara akurat yang tersedia di toko. Sistem ini juga memudahkan penghitungan omset dan keuntungan pada toko.

Sistem Informasi Penjualan Emas Berbsis Web Pada Toko Anugerah Bintang Baru ini secara khusus dapat memudahkan dalam meningkatkan proses transaksi penjualan. Perancangan sistem ini dapat mengatasi hambatan proses transaksi penjualan  menjadi lebih akurat.

References

. Ariani R. Sukamto (2017). Langkah-langkah Pengujian Perangkat danEvaluasi Piranti LuPiranti Lunak. s.l.:s.n.

. Bekti, 2015. Mahir Membuat Website Dengan Adobe Dreamweaver CS6, CSS dan JQuery. Yogyakarta: Andi.

. Carlos Coronel and Steven Morris (2016:4). Database Systems: Design,Implementation and Management. Twelve Edition. Boston : CengageLearning.

. Cegielski. (2014). Introduction to Information SystemEnabling and Transforming Business.

. Deni Darmawan (2013). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

. Dipraja (2014:26). Panduan PraktisMembuat Website Gratis. Jakarta :Pustaka Makmur

. Elmasri dan Shamkant (dalam Reksoatmodjo, 2018, hlm. 3).

. Fattah & Taufik, (2017). Rekontruksi Pesantren Masa Depan, (Jakarta Utara : PT. Listafariska Putra)

. Nuraeni Dahri,(2023). Perancangan Sistem Rekapitulasi Nilai Berbasis Web Pada Smp Perguruan Islam Ar-Risalah Padang

Downloads

Published

2023-12-31

How to Cite

Febiolla, D., Sutardjo, A. ., & Dahri, N. . (2023). SISTEM INFORMASI PENJUALAN EMAS BERBASIS WEB PADA TOKO ANUGERAH BINTANG BARU PAYAKUMBUH. Jurnal Manajemen Teknologi Informatika, 1(3), 153-162. https://doi.org/10.70038/jentik.v1i3.42